Senin, 13 April 2015

TELUR MATA GAJAH

Ayoo ayoo,, kalian heran kan...


Telur mata gajah?

Sebesar apa telur itu?

Bagaimana rasanya?

Hahahahaha, aku juga sama kok, pertama kali denger heran dan gak kebayang.. Kalian mau tau makanan apa sebenarnya telur mata gajah itu? dan khas dari daerah mana? 
Penasaran kaannnnn
yukk baca tulisan dibawah ini...


Telur mata gajah adalah makanan seperti bakwan yang di goreng dengan cetakan berbentuk bulat, kalo di Jawa Barat itu kayak cetakan kue cubit atau kue lumpur dan diatasnya di ceplokin telur puyuh. Makanan ini merupakan makanan khas kota Sampit, kamu belum pernah ke Sampit? wajar kalo gak tahu makanan ini.
'Telur Mata Gajah'

*throwback

Malam itu, mungkin udah malam kesekian aku berada di Kota Sampit, kebosanan sangat jelas terasa menghampiri, gimana tidak berada di lokasi yang mana mayoritas yang tinggal disana itu cowok, adapun cew tapi mereka karyawan yang sibuk siang malam. Mau jalan kemana-mana susah, karna kami gak ada kendaraan sendiri, mau ngandelin kendaraan perusahaan yah yassallam lah.. 
Untuk mengusir kebosanan aku selalu mengexplore Kota Sampit via google, berharap besok ato lusa aku ada kesempatan berkunjung ketempat2 yang asyik di Kota Sampit. scrol-scrol-scrol eh aku nemu sebuah tulisan yang membahas makanan khas Sampit yang salah satunya adalah Telor Mata Gajah. Gak mau tau, apapun alasannya bagaimanapun caranya aku harus makan makanan ini,.

#malamminggu
Malam ini jadwalnya ngedate, hahhahahaha...
Aku ditanya mau kemana? syudah pasti donk aku jawab ke Kota, mau makan telor mata gajah.
yukk mariiii...

Sesampainya di Kota Sampit, bener2 pusat kotanya sampit dan fyi aku nginep didaerah perindustrian kota Sampit bukan di pusat kota :) aku langsung nanya ibu-ibu tempat jual Telur Mata Sampit dimana? si ibu bilang itu disana, taman kota.
Oalah.... taman kota toh,, aku kemaren2 jalannya kesini-sini kok gak liat yo...
Ternyata nyampe di sana ternyata emang bener ada yang jual makanan ini, numpuk-numpuk seperti gorengan lain (shock karna q pikir ini makanan bener-bener spesial yang dijual ditempat tertentu) yang ternyata adalah makanan pinggiran jalan dijual dengan jajanan gorangan lain seperti bakwan, tempe goreng, ceker goreng, tahu goreng, ubi goreng etc lah.
Makanan Khas Sampit
Nah, pada dasarnya aku sendiri kan ga suka sama goreng-gorengan kayak gini, gak tau kenapa dan gak tau juga alasanya.. Tapi dari pada ga pernah makan kan, jauh jauh ke Sampit tapi ga nyoba makanan khasnya, mending coba dulu atuu, sapa tau doyan :) Eh, taunya pas dimakan satu ternyata enak lo..hmmm enyak enyak enyakkk, berhubung saat itu aku habis makan, jadinya pas nyicip Telor Mata Gajah cuma habis 3 (lapar ato doyan :')) dan sebenarnya pengen lagi tapi perut udah gacukup jadinya aku bawa pulang dech, nyampe rumah 5 telur mata gajahnya ludes :') hihihihi....

FYI....

Telur mata gajah ini adalah cemilan yang enak dimakan setiap saat, cara makannya adalah ambil saos yang sudah disiapkan oleh pedagang, simpan ke dalam piring/wadah sebanyak mungkin kemudian ambil satu atau dua telur mata gajah celupkan ke saos tadi.. baru makan sedikit demi sedikit.. Namun, karna aku gak terlalu suka saos jadi makannya layaknya makan gorengan biasa yang di cocol-cocol pake sambal gitu :) dan tentunya tidak mengurangi cita rasa aslinya donkkkk....

Foto by: http://4.bp.blogspot.com

Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke Kota Sampit, mampir deh ke pusat jajanan di Taman Kota.. Rasakan sendiri kedahsyatan rasa Telur Mata Gajah ini.. Disini menurut saya salah satu tempat yang recomended adalah Telur Mata Gajah Amrozi, kamu bisa temukan di Jl. Yos Sudarso Pujasera Taman Kota Sampit, karena selain murah dan enak, Mata Gajah Amrozi ini sudah berdiri sejak lama, dan banyak pelanggan.. siap2 aja ngantrii :P

SELAMAT MAKANNNN :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar